Tuesday, December 21, 2010

Rumput Laut Bahan Pupuk Organik Prospektif

Indonesia sangat kaya akan bahan alami untuk pembuatan pupuk organik. Di lautan ada yang cukup prospektif namun belum banyak dimanfaatkan, yakni rumput laut. Prospektif karena selain terdapat melimpah di perairan Nusantara, juga kaya hara mikro dan teristimewa zat pengatur tumbuh.

Jamal Basmal dari Balai Besar Riset Pengolahan dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan dalam satu uraian menyatakan keistimewaan rumput laut sebagai pupuk organik adalah kekayaan kandungan zat pengatur tumbuh (ZPT)-nya. ZPT tidak hanya dapat meningkatkan produksi, tetapi juga meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan dan serangan serangga, serta memperbaiki struktur tanah.

Penggunaan rumput laut sebagai bahan dasar pupuk organik di Indonesia belum banyak padahal potensi produksinya cukup besar. Indonesia kaya akan ragam rumput laut yang diperkirakan mencapai 555 jenis.

Ada sekitar 22 jenis yang telah dimanfaatkan secara tradisional, tetapi baru segelintir yang dimanfaatkan secara komersial. Di antaranya ialah Gracilaria sp dan Gilidium sp yang menghasilkan agar, dan Euchemia cottoni/Kappaphycus alvarezi dan E. spinosum untuk memperoleh karaginan.

Hara mikro dan ZPT
Rumput laut diketahui mengandung banyak hara mikro besi, boron, kalsium, tembaga, khlor, kalium, magnesium, dan mangan. Selain itu juga mengandung ZPT seperti auksin, sitokinin, giberilin, asam abisat, etilen, posfor, sulfur dan seng.

Basmal mengungkapkan hasil analisa yang menunjukkan kandungan nitrogen rumput laut mencapai 1,00%, posfor 0,05%, kalium 10,00%, kalsium 1,20%, magnesium 0,80%, sulfur 3,70%, tembaga 5 ppm, besi 1200 ppm, mangan 12 ppm, seng 100 ppm, boron 80 ppm, senyawa organik 50-55%, dan kadar abu 45-50%.

ZPT pada rumput laut banyak terdapat dalam batang (thallus) sebagaimana pada rumput laut jenis Sargassum sp., dan juga dalam getah (sap), yakni konsentrat cair yang mengandung ZPT dan mineral yang berasal dari dalam batang, sebagaimana pada rumput laut Eucheuma sp.

Sumber :

Online Sinar Tani

No comments:

Post a Comment